Cara Mengatasi Kendala Lapor Pajak Online Via E-Filing

Cara Mengatasi Kendala Lapor Pajak Online Via E Filing

Cara Mengatasi Kendala Lapor Pajak Online E-Filing

DodySulpiandy.com - Saat ini Direktorat Jenderal Pajak telah mempermudah Wajib Pajak untuk dapat melaporkan SPT Tahunan PPh melalui sistem online, e filing.

Namun banyak masyarakat khususnya Wajib Pajak yang menemui kendala dalam melaporkan SPT Tahunannya melalui e filing ini.

Kendala-kendala tersebut yaitu :
1. Wajib Pajak Lupa Password DJP Online.
2. Wajib Pajak Lupa Password Email.
3. Wajib Pajak Belum Memiliki EFIN.
4. Wajib Pajak Lupa atau Kehilangan Nomor NPWP.
5. Sistem Layanan Djponline.pajak.go.id yang lambat.
6. Selalu Gagal Simpan Ketika Sudah Selesai Mengisi.

kendala-kendala di atas memiliki solusi masing-masing, yaitu sebagai berikut:


1. Wajib Pajak Lupa Password DJP Online
Untuk Wajib Pajak yang lupa password DJP Online maka dapat menggunakan menu Lupa Password pada halaman DJP-Online.pajak.go.id seperti gambar berikut.
Cara Mengatasi Kendala Lapor Pajak Online Via E Filing

Jangan lupa untuk email yang telah anda daftarkan pada saat pertama kali mendaftar di DJP Online harus bisa anda buka.


2. Wajib Pajak Lupa Password Email
Untuk Wajib Pajak yang lupa password Email maka dapat menggunakan menu Lupa Password pada halaman DJP-Online.pajak.go.id seperti gambar diatas, namun Anda harus mencentang kotak lupa email kemudian isikan alamt email anda yang baru.


3. Wajib Pajak Belum Memiliki EFIN /Lupa Nomor EFIN /Hilang Surat  EFIN
Untuk Wajib Pajak yang belum atau Lupa atau kehilangan surat yang memuat Nomor EFIN, maka Wajib Pajak dapat meminta lagi untuk dicetakkan nomor EFIN di KPP atau KP2KP terdekat. Anda hanya cukup mengisi formulir permohonan EFIN atau cetak ulang EFIN dan petugas pajak akan mencetakkan EFIN anda. jangan lupa untuk membawa kartu NPWP dan Identitas diri Anda juga ya.

Anda dapat mengajukan permohonan permohonan EFIN atau cetak ulang EFIN ini dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari rumah Anda. Apabila Anda belum mengetahui alamat kantor pajak terdekat dari rumah Anda, silahkan Anda lihat alamat Kantor Pajak yang ada di wilayah Anda dalam artikel berikut => Alamat dan Nomor Telepon KPP dan KP2KP di Seluruh Indonesia . 


4. Wajib Pajak Lupa atau Kehilangan Nomor NPWP
Bagi Wajib Pajak yang lupa nomor NPWP dan/atau kehilangan kartu NPWP, maka dapat mengisi formulir permohonan cetak ulang kartu NPWP di KPP atau KP2KP terdekat dengan membawa identitas diri (diutamakan KTP ya).

Dalam hitungan menit petugas akan mencetak kembali kartu NPWP Anda tanpa biaya sepeser pun alias gratis. maka selanjutnya Anda dapat melaporkan SPT Tahunan anda melalui E Filing


5. Sistem Layanan Djponline.pajak.go.id yang lambat
Terkait Sistem Layanan Djponline.pajak.go.id yang lambat, memang setiap akhir masa pelaporan SPT Tahunan seringkali terjadi. hal ini kemungkinan terjadi akibat load data dan banyaknya pengguna yang mengakses situs tersebut pada satu waktu.

Maka solusinya Anda dapat mencoba membuka situs djponline pada malam hari atau dini hari. Selain itu juga saya anjurkan Anda untuk melaporkan SPT Tahunan Anda pada awal tahun sebelum mendekati batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh.


6. Selalu Gagal Simpan Ketika Sudah Selesai Mengisi
Terdapat perbedaan sistem terkait kosongnya isian daftar harta pada SPT DJP Online untuk tahun 2018 dan tahun-tahun kedepan.

Hal ini sering terjadi karena banyak Wajib Pajak yang tidak atau lupa atau malah enggan untuk melaporkan harta yang dimiliki pada saat melaporkan SPT Tahunannya.

Aturan pengisian jenis harta yang dimiliki oleh Wajib Pajak minimal harus ada saat mengisi isian pada daftar harta yang dimiliki, setidaknya satu jenis harta misalnya uang kas. Apabila Wajib Pajak tidak mengisi daftar harta maka sistem otomatis menganggap proses pengisian belum lengkap.

Hal ini diterapkan karena sejatinya setiap orang setidaknya pasti memiliki harta baik berupa uang maupun barang. Sebagai contoh seseorang memiliki jam tangan atau handphone, maka harus dilaporkan sebagai kepemilikan harta dalam pelaporan SPT Tahunan.

Sekian. Baca juga artikel dibawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel