Cara Non Efektif (NE) NPWP Pajak

Cara Menonaktifkan (NE) NPWP Pajak
DodySulpiandy.com - Bagi Anda yang ingin menonaktifkan atau menon-efektifkan NPWP Pribadi atau NPWP Badan Anda, maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai syarat dan cara pengajuan permohonan non-efektif NPWP.

CARA PENETAPAN WP NON EFEKTIF
Selanjutnya adalah cara pengajuan permohonan non efektif ke kantor pelayanan pajak. Terdapat dua metode atau cara NPWP seseorang dapat menjadi non efektif yaitu sebagai berikut.

Penetapan WP sebagai WP non efektif dapat dilakukan:
A. Atas permohonan Wajib Pajak
Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan non efektif ke kantor pelayanan pajak dan kemudian mengisi formulir dan melengkapi dokumen lampiran yang disyaratkan. Langkah-langkahnya adalah sebai berikut :

1. Datang ke Kantor Pelayanan Pajak atau KP2KP terdekat.
Anda dapat mengajukan permohonan Non Efektif ini dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari rumah Anda. Apabila Anda belum mengetahui alamat kantor pajak terdekat dari rumah Anda, silahkan Anda lihat alamat Kantor Pajak yang ada di wilayah Anda dalam artikel berikut => Alamat dan Nomor Telepon KPP dan KP2KP di Seluruh Indonesia . 

2. Isi Formulir Permohonan Penghapusan NPWP Pribadi.
Formulir permohonan Non Efektif NPWP dapat Anda dapatkan di Kantor Pelayanan Pajak.

3. Centang alasan Non Efektif NPWP Anda yang sesuai
Pada formulir permohonan Non Efektif NPWP, Anda akan diarahkan untuk memilih satu dari beberapa pilihan alasan penonaktifan NPWP. Silahkan Anda centang pilihan sesuai dengan alasan Anda menon efektifkan NPWP Anda.

4. Isi dan tanda tangani Surat permohonan Non Efektif.
Setelah Anda mengisi data-data yang diperlukan dalam formulir permohonan non efektif, maka selanjutnya Anda harus menanadatangani formulir permohonan tersebut.

5. Lampirkan fotokopi NPWP dan/atau KTP Anda.

6. Serahkan Formulir permohonan Non Efektif NPWP Anda kepada petugas loket yang bertugas.

7. Selesai.


B. Non Efektif NPWP secara jabatan
Penetapan Wajib Pajak sebagai Wajib Pajak non efektif dilakukan apabila terdapat data dan/atau informasi yang menunjukkan bahwa Wajib Pajak perlu untuk dikecualikan dari pengawasan rutin seperti misalnya Wajib Pajak tidak diketemukan alamatnya dan jua tidak dapat dihubungi.

Sekian. Baca juga artikel dibawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel