Trik Hacks Terhangat

Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja Bagaimana Pajaknya

Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja Bagaimana Pajaknya
DodySulpiandy.com - Bagi Anda yang telah memiliki NPWP namun Anda belum bekerja mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimanakah kewajiban pajak saya? Jawabannya akan saya uraikan pada artikel ini.

Yang perlu Anda ketahui Adalah bahwa setiap Warga Negara Indonesia wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP apabila telah memenuhi syarat subjektif dan objektif berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku.

Sedangkan arti dari Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.
     
Dan Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak adalah kartu yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang berisikan Nomor Pokok Wajib Pajak dan identitas lainnya.

Namun terdapat pengecualian dari kewajiban mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP ini, sebagai contoh seperti Anak yang sudah berpenghasilan namun belum berumur 18 tahun dapat menggunakan NPWP orang tuanya, atau contoh lainnya yaitu orang yang belum memiliki penghasilan ataupun sudah memiliki penghasilan namun besaran penghasilan per bulannya masih dibawah penghasilan tidak kena pajak maka diperbolehkan untuk tidak mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Namun dalam kasus tertentu ketika seseorang ingin melamar pekerjaan, ia disyaratkan untuk melampirkan kartu NPWP juga dan seseorang tersebut kemudian mengajukan permohonan pendaftaran NPWP di Kantor Pelayanan Pajak namun kemudian tidak atau belum diterima bekerja dalam waktu yang relatif lama sejak membuat NPWP tersebut.

Bagaimana kemudian terkait kewajiban pajak seseorang yang belum bekerja tersebut? apakah ada solusi yang jelas atas kepemilikan NPWP oleh seseorang yang belum bekerja tersebut?


Kewajiban Pajak Bagi Orang Yang Memiliki NPWP Namun Tidak/Belum  Bekerja
Kewajiban Pajak bagi orang pribadi pada dasarnya adalah membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan.

Namun apabila seseorang dalam kondisi belum bekerja atau belum memperoleh penghasilan maka kewajibannya hanya menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahun Pajak Penghasilanya (SPT Tahunan PPh).

Kewajiban penyampaian SPT Tahunan bagi orang pribadi jangka waktunya adalah akhir bulan Maret setiap tahunnya.

Maka bagi yang belum bekerja namun telah memiliki NPWP maka apabila ia mendaftarkan diri pada tahun sebelumnya misalkan ia mendaftarkan diri dan memperoleh NPWP pada bulan januari sampai desember tahun 2017, dan sekarang telah masuk tahun 2018 maka seseorang tersebut wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh nya untuk tahun pajak 2017.

Langkah selanjutnya setelah menyampaikan SPT Tahunan adalah sebagai solusi seseorang tersebut dapat mengajukan permohonan Non Efektif NPWP nya.

Apabila permohonan Non Efektif NPWP ini telah disetujui maka untuk selanjutnya tidak ada kewajiban pajak yang harus dilaksanakan oleh seseorang tersebut.

Untuk cara pengajuan permohonan non efektif ke kantor pelayanan pajak saya uraikan sebagai berikut.

Cara Mengajukan Permohonan Non Efektif NPWP 
Yang perlu Anda ketahui bahwa untuk dapat me non-efektifkan NPWP Anda, terdapat kriteria Wajib Pajak yang dapat disetujui permohonan non-efektif NPWP nya, yaitu sebagai berikut.

WAJIB PAJAK YANG DAPAT DITETAPKAN SEBAGAI WP NON EFEKTIF
Wajib Pajak dapat ditetapkan sebagai WP non efektif sehingga dikecualikan dari pengawasan rutin  apabila memenuhi kriteria sebagai berikut: 
  1. Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tetapi secara nyata tidak lagi menjalankan kegiatan usaha atau tidak lagi melakuka pekerjaan bebas;
  2. Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan penghasilannya di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak;
  3. Wajib Pajak Orang Pribadi yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya;
  4. Wajib Pajak yang mengajukan permohonan penghapusan NPWP namun belum diterbitkan keputusan penghapusan NPWP nya; atau
  5. Wajib Pajak yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif tetapi belum dilakukan penghapusan NPWP.
  6. Wajib Pajak Orang Pribadi wanita kawin yang telah memiliki NPWP yang berbeda dengan suami dan tidak berniat melakukan pemenuhan kewajiban perpajakan secara terpisah;
  7. Orang Pribadi yang memiliki NPWP sebagai anggota keluarga atau tanggungan, yaitu NPWP dengan kode cabang "001", "999", "998" dan seterusnya;
  8. Wajib Pajak bendahara pemerintah yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai Wajib Pajak karena yang bersangkutan sudah tidak lagi melakukan pembayaran dan belum dilakukan penghapusan NPWP; 
  9. Wajib Pajak yang tidak diketahui atau ditemukan lagi alamatnya.

Apabila Anda termasuk dalam kriteria tersebut di atas, maka permohonan non efektif NPWP Anda tentu akan disetujui.


CARA PENETAPAN WP NON EFEKTIF
Selanjutnya adalah cara pengajuan permohonan non efektif ke kantor pelayanan pajak. Terdapat dua metode atau cara NPWP seseorang dapat menjadi non efektif yaitu sebagai berikut.

Penetapan WP sebagai WP non efektif dapat dilakukan:
A. Atas permohonan Wajib Pajak
Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan non efektif ke kantor pelayanan pajak dan kemudian mengisi formulir dan melengkapi dokumen lampiran yang disyaratkan. Langkah-langkahnya adalah sebai berikut :

1. Datang ke Kantor Pelayanan Pajak atau KP2KP terdekat.
Anda dapat mengajukan permohonan Non Efektif ini dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari rumah Anda. Apabila Anda belum mengetahui alamat kantor pajak terdekat dari rumah Anda, silahkan Anda lihat alamat Kantor Pajak yang ada di wilayah Anda dalam artikel berikut => Alamat dan Nomor Telepon KPP dan KP2KP di Seluruh Indonesia . 

2. Isi Formulir Permohonan Penghapusan NPWP Pribadi.
Formulir permohonan Non Efektif NPWP dapat Anda dapatkan di Kantor Pelayanan Pajak.

3. Centang alasan Non Efektif NPWP Anda yang sesuai
Pada formulir permohonan Non Efektif NPWP, Anda akan diarahkan untuk memilih satu dari beberapa pilihan alasan penonaktifan NPWP. Silahkan Anda centang pilihan sesuai dengan alasan Anda menon efektifkan NPWP Anda.

4. Isi dan tanda tangani Surat permohonan Non Efektif.
Setelah Anda mengisi data-data yang diperlukan dalam formulir permohonan non efektif, maka selanjutnya Anda harus menanadatangani formulir permohonan tersebut.

5. Lampirkan fotokopi NPWP dan/atau KTP Anda.

6. Serahkan Formulir permohonan Non Efektif NPWP Anda kepada petugas loket yang bertugas.

7. Selesai.

B. Non Efektif NPWP secara jabatan
Penetapan Wajib Pajak sebagai Wajib Pajak non efektif dilakukan apabila terdapat data dan/atau informasi yang menunjukkan bahwa Wajib Pajak perlu untuk dikecualikan dari pengawasan rutin seperti misalnya Wajib Pajak tidak diketemukan alamatnya dan jua tidak dapat dihubungi.


PENGAKTIFAN KEMBALI WP NON EFEKTIF 
Apabila Anda telah mengajukan permohonan Non Efektif NPWP dan telah disetujui, maka apabila suatu saat Anda ingin menggunakan kembali NPWP Anda karena misalkan Anda telah aktif kembali menjalankan usaha atau penghasilan Anda telah melebihi penghasilan tidak kena pajak, maka Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif dapat dilakukan berdasarkan permohonan Wajib Pajak dan secara jabatan.

A. Atas permohonan Wajib Pajak
Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan pengaktifan NPWP ke kantor pelayanan pajak dan kemudian mengisi formulir dan melengkapi dokumen lampiran yang disyaratkan. 

Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif dapat dilakukan atas dasar permohonan Wajib Pajak dan secara jabatan dan hanya dapat dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk dapat mengaktifkan kembali NPWP Anda yaitu dengan cara:

1. Menyampaikan SPT Masa atau SPT Tahunan;
2. Melakukan pembayaran pajak;
3. Mengajukan permohonan untuk diaktifkan kembali;

Anda dapat memilih salah satu cara di atas untuk dapat mengaktifkan NPWP Anda. S

Sekian. Baca juga artikel dibawah ini :

0 Response to "Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja Bagaimana Pajaknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel