Trik Hacks Terhangat

Pengertian NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Pengertian NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
DodySulpiandy.com - Apa itu NPWP? mengapa kita harus membuat NPWP?

Apabila Anda bertanya-tanya tentang NPWP karena pada suatu waktu Anda diharuskan untuk membuat NPWP baik untuk melamar kerja ataupun persyaratan pinjaman bank atau perizinan badan usaha, maka berikut adalah penjelasannya.

Nomor Pokok Wajib Pajak atau disingkat NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.
     


Apabila Anda telah mengajukan diri atau mendaftar untuk memperoleh NPWP maka Anda akan mendapatkan Kartu NPWP. Kartu NPWP adalah kartu yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang berisikan Nomor Pokok Wajib Pajak dan identitas lainnya.

NPWP Wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing yang sedang berada di Indonesia dalam jangka waktu tertentu dan mendapatkan penghasilan di  Indonesia.

Bagi WNI yang telah berumur 18 tahun dan telah memperoleh penghasilan yang melebihi Batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Wajib untuk  memiliki NPWP.

Kedepannya pemerintah akan mengintegrasikan kartu NPWP dengan data-data pribadi Anda seperti nomor SIM, KTP, BPJS dan data-data pribadi Anda lainnya. Hal ini ditujukan untuk integrasi data penghasilan dan pengeluaran Anda untuk menentukan pengenaan pajak yang sesuai dengan keadaan keuangan Anda yang sebenarnya. 

Saat ini pemerintah juga telah bekerjasama atau bersinergi dengan leembaga keuangan dan unit perizinan pusat maupun daerah untuk mensyaratkan nomor NPWP untuk mendapatkan layanan perbankan maupun layanan perizinan.

Sekian. Baca juga artikel dibawah ini :


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel