10 Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas dan Evergreen Untuk Mendatangkan Traffic

Disini saya akan membahas mengenai 10 cara membuat artikel atau konten menjadi sumber traffic dan berkualitas serta evergreen. Lalu apa saja faktor yang dapat mewujudkannya?

Artikel atau konten pada sebuah blog atau website adalah tumpuan atau bisa dibilang inti dari sebuah blog atau website. Tanpa adanya artikel atau konten yang berkualitas maka bisa dipastikan sebuah blog atau website sulit untuk mendatangkan traffic yang relatif banyak.

Hal yang perlu kita ketahui dalam membuat konten yang berkualitas adalah faktor kepuasan pembaca. Hal ini perlu kita perhatikan karena bagaimanapun visitor atau pembaca artikel blog atau website adalah kalau boleh dibilang adalah "sumber penghasilan" jika kita menggunakan iklan di blog atau web kita.

Beranjak dari pemikiran bahwa visitor atau pembaca adalah sumber penghasilan kita, maka tentu menjadi penting dan utama bagi kita untuk membuat pembaca tersebut ingin berlama-lama di website kita dan juga merasa puas dengan konten artikel kita. Dengan begitu maka pembaca tersebut diharapkan akan kembali lagi mengunjungi web atau blog kita kedepannya.

Bukan tidak mungkin juga pembaca yang puas dengan blog kita akan menyebarluaskan alamat atau nama blog atau web kita dan merekomendasikannya kepada orang lain sehingga dapat menjadi sumber visitor baru anda.

Berikut 10 kiat atau cara yang dapat anda terapkan untuk membuat artikel yang berkualitas dan dapat menjadi sumber traffic bagi situs anda.

1. Menu Website yang lengkap
Sebagai owner blog, hal penting yang harus selalu anda pikirkan adalah bagaimana isi dari blog anda dari persfektif pengunjung. Apakah pengunjung dapat menjadi tertarik dan terkesan dengan artikel-artikel blog anda atau tidak. Hal ini sangat menentukan agar pengunjung tadi dapat menjadi pengunjung setia blog anda.

Dengan menyediakan kategori yang lengkap dan detail pada blog, akan memberikan kemungkinan kepuasan dan ketertarikan pengunjung untuk datang lagi ke blog anda pada lain waktu.

Contoh apabila blog anda mengambil topik keuangan maka kategori "tips dan trik melamar kerja" tentu akan memberikan nilai tambah bagi blog anda di mata pengunjung.

2. Konten berisi arahan dan isi yang benar (tidak menyesatkan)
Konten yang berisi uraian mengenai cara modifikasi mobil harusnya fokus membahas mengenai kiat-kiat dan contoh modifikasi mobil, bukan malah meluas menjadi spesifikasi mobil atau membahas pabrikan mobil. 

Hal ini sering saya jumpai ketika saya sedang mencari referensi dari blog-blog lain. Sudah terlalu banyak artikel sampah yang ada di google. 

Tugas kita adalah tidak menambah jumlah artikel sampah ini dengan membuat artikel yang berisi dan benar sesuai dengan pengalaman maupun ilmu yang dimiliki.

3. Uraian yang lengkap dari apa yang dibahas
Ketika kita akan membahas mengenai cara menjahit baju yang efisien, maka segala aspek yang terkait dengan menjahit baju dengan efisien tersebut harus diungkapkan seluruhnya. contoh aspek bahan yang murah tapi berkualitas, merk benang jahit yang murah namun berkualitas dan hal lainnya yang sudah diterapkan sesuai pengalaman dari penulis.

Usahakan untuk menguraikan poin-poin yang anda buat pada artikel anda.

4. Isi konten dapat diterapkan
Isi konten tentu saja bukanlah hal yang terlalu sulit sehingga tidak dapat dilakukan atau diterapkan oleh pembaca. contoh adalah dengan menyebutkan langkah-langkah yang tidak jelas dan tidak relevan dalam menjelaskan suatu arahan sehingga apa yang dicoba untuk diterapkan dari tulisan anda tidak berguna bagi pembaca karena tidak dapat diterapkan.

5. Bahasa yang ringan sehingga enjoy untuk dibaca
Bahasa dalam penulisan konten sebaiknya menggunakan bahasa yang ringan yang dapat berupa bahasa sehari-hari namun tetap terkesan serius. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan pembaca konten anda sehingga pembaca dapat merasa enjoy menikmati konten blog anda.

6. Loading time web harus relatif fast loading
Terkait web loading tentu ada pengaruh terhadap potensi kehilangan jumlah pembaca. Contohnya seseorang yang menggunakan jaringan internet yang tidak terlalu kencang maka akan sangat kesulitan untuk membuka konten web anda apabila loading time web anda cukup berat sehingga mengakibatkan seseorang tersebut dapat saja batal membuka web anda dan beralih menuju web lainnya yang dapat dibuka dengan lebih cepat.

7. Tidak terlalu banyak iklan
Bagi anda yang menulis blog dengan dibarengi pemasangan iklan seperti google adsense, maka dengan banyaknya variasi pilihan bentuk iklan bisa saja membuat seseorang memasang sebanyak-banyaknya iklan di area konten artikelnya untuk memaksimalkan kemungkinan klik pada iklan tersebut.

Namun di sisi pembaca, maka banyaknya iklan yang ada dalam area artikel akan cukup mengganggu keasyikan dalam membaca konten artikel itu sendiri yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketidakpuasan bagi pembaca.

8. Usahakan untuk tersedia gambar dan video sebagai pelengkap penjelasan artikel
Untuk konten artikel seperti tutorial dan topik lain yang terkait dengan langkah-langkah melakukan sesuatu, perlu untuk ditambahkan pelengkap berupa gambar dan/atau video.

Tentu hal ini akan cukup merepotkan bagi penulis atau publisher, namun demi kepuasan pembaca maka harus diusahakan.

Tidak semua topik artikel membutuhkan tambahan pelengkap berupa gambar maupun video, namun anda dapat menambahkan setidaknya satu gambar yang berkaitan dengan materi artikel yang dibahas.

9. Sediakan saran artikel lain yang terkait berupa link
Saran artikel lain yang ada dalam blog anda dan masih terkait dengan isi artikel yang ditulis tentu akan sangat membantu pembaca dalam memberikan saran bacaan terkait dengan topik yang mereka ingin tahu. Hal ini akan berpengaruh pada kepuasan pembaca anda.

10. Bahasa yang digunakan tidak bertele-tele
Penggunaan bahasa yang bertele-tele dapat menyebabkan pembaca menjadi kurang percaya terhadap kualitas konten anda. Sebaiknya tulis konten artikel dengan lengkap dan juga berisi.


Apabila Anda telah menerapkan kiat-kiat di atas, maka selanjutnya Anda hanya perlu menunggu waktu untuk melihat traffic yang dapat didatangkan oleh artikel anda yang berkualitas itu.

Namun ada hal yang perlu anda perhatikan juga dalam usaha untuk membuat konten yang berkualitas, yaitu research keyword yang sangat berpengaruh dalam membuat topik artikel yang telah anda susun untuk dapat lebih mudah mendatangkan traffic. Artikel mengenai research keyword dapat anda baca di link berikut ini : Cara Riset Keyword Terbukti Ampuh.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi apakah suatu konten dan website dapat menjadi sumber traffic dan mendapatkan traffic yang banyak, namun dengan anda membuat artikel yang berkualitas tinggi dan juga disertai dengan research keyword yang baik, maka bukan tidak mungkin web anda akan berjaya dan mendatangkan traffic dan juga penghasilan yang besar bagi Anda.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Mohon share artikel ini apabila anda merasa artikel ini dapat bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel