Skip to main content

Berapa Biaya Membuat NPWP? Inilah Besarannya

Berapa Biaya Membuat NPWP? Inilah Besarannya -  Bagi Anda yang akan membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) mungkin bertanya-tanya berapa biaya yang harus anda bayarkan untuk membuat NPWP?

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa pengertian NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Apabila Anda telah mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP, maka kemudian Anda akan diberikan Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan  kartu yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang berisikan Nomor Pokok Wajib Pajak dan identitas lainnya.


KEWAJIBAN MEMILIKI NPWP

Berapa biaya pembuatan npwp? Inilah Jawabannya

Perlu untuk Anda ketahui bahwa semua WNI (Warga negara Indonesia) maupun WNA (Warga Negara Asing) dalam kondisi tertentu wajib memiliki NPWP di Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia wajib memiliki NPWP apabila telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif.

Syarat subyektif warga negara indonesia adalah ketika ia lahir di Indonesia dan otomatis memenuhi syarat subjektif untuk memperoleh NPWP namun belum memenuhi syarat objektif untuk menjadi Wajib Pajak.

Syarat objektif yaitu seseorang telah memiliki penghasilan.

Jadi apabila seseorang telah berumur 18 tahun dan telah memiliki penghasilan dalam bentuk apapun maka ia harus mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.


KESALAHAN PERSEPSI TERKAIT KEWAJIBAN MEMBUAT NPWP

Mungkin masih banyak orang mungkin saja termasuk Anda mengira bahwa membuat NPWP hanya karena merupakan persyaratan pinjaman di Bank.

Harus Anda ketahui bahwa kita semua warga negara Indonesia wajib membuat NPWP apabila telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas .

Jadi Anda harusnya telah mengetahui bahwa NPWP bukan hanya persyaratan pinjaman di Bank saja, melainkan merupakan kewajiban mutlak di negara kita ini.


BIAYA MEMBUAT NPWP

Bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai berapakah biaya membuat NPWP? 

Jawabannya adalah GRATIS.

Ya, biaya membuat NPWP adalah gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Prosesnyapun sangat mudah dan cepat.

Jika Anda saat ini sedang akan membuat NPWP, sebaiknya ada baca dulu persyaratan atau kelengkapan dokumen pembuatan NPWP agar memudahkan Anda ketika akan ke kantor pajak untuk membuat NPWP.


KESIMPULAN

Setiap Warga Negara Indonesia wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP apabila telah berumur 18 tahun dan telah memperoleh penghasilan.


Kewajiban NPWP bukanlah semata-mata untuk persyaratan pinjaman uang di Bank, melainkan keharusan bagi kita semua sebagai warga negara yang taat hukum.

Biaya pembuatan NPWP adalah GRATIS. Jika ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa membuat NPWP ada biayanya maka kabar tersebut adalah tidak benar.


Sekian artikel mengenai Berapa Biaya Membuat NPWP ini, semoga dapat menjadi solusi perpajakan Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar