Skip to main content

Cara dan Syarat Membuat NPWP Istri

Cara dan Syarat Membuat NPWP Istri
Cara dan Syarat Membuat NPWP Istri - Bagi Anda seorang istri yang ingin membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk digunakan sebagai persyaratan usaha atau perizinan lainnya ataupun persyaratan pinjaman Bank maka berikut ini akan kami uraikan syarat kelengkapan dokumen permohonan pendaftaran NPWP khususnya untuk istri.
                
Dokumen yang disyaratkan sebagai kelengkapan permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Istri

Ada 2 Jenis kondisi seorang istri yang akan membuat NPWP dan berikut kami uraikan persyaratan dokumennya untuk masing-masing kondisi : 
 

A. Untuk Wajib Pajak orang pribadi wanita kawin (istri) yang dikenai pajak secara terpisah berdasarkan keputusan hakim, yaitu:
           
1.  fotokopi KTP; dan
          
2. dalam hal Wajib Pajak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, maka ada tambahan formulir yaitu dokumen berupa :
               a)  surat pernyataan bermeterai dari Wajib Pajak yang menyatakan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas tersebut dilakukan.

               b)  keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menyatakan bahwa Wajib Pajak merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online.
              
        
B. Untuk Wajib Pajak orang pribadi wanita kawin (istri) yang dikenai pajak secara terpisah karena menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, atau memilih melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya terpisah dari suaminya, yaitu:
           
1.  fotokopi KTP;
          
2.  fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak suami dalam hal suami merupakan WNI, atau fotokopi dokumen identitas perpajakan di luar negeri dalam hal suami merupakan subjek pajak luar negeri;
           
3.  fotokopi kartu keluarga, akta perkawinan, atau dokumen sejenisnya;
           
4.  fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami; dan

5. dalam hal Wajib Pajak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, maka ada tambahan formulir yaitu dokumen berupa :
               a)  surat pernyataan bermeterai dari Wajib Pajak yang menyatakan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas tersebut dilakukan.

               b)  keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menyatakan bahwa Wajib Pajak merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online.
              

Download Formulir Pendaftaran NPWP Istri

Silahkan Anda Download Formulir Dokumen berupa Formulir pendaftaran NPWP, surat pemyataan bermeterai dari Wajib Pajak yang menyatakan melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dilakukan, dan melakukan kegiatan dan tempat atau lokasi kegiatan dilakukan pada link di bawah ini :


1. Formulir pendaftaran NPWP Istri

2. surat pemyataan bermeterai yang menyatakan melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dilakukan

3. surat pemyataan bermeterai yang menyatakan melakukan kegiatan dan tempat atau lokasi kegiatan dilakukan
        

Sekian Artikel mengenai Syarat Membuat NPWP Istri ini. semoga dapat menjadi solusi masalah perpajakan Anda.

- kode npwp istri ikut suami
Untuk NPWP Istri yang ikut pada NPWP Suami maka untuk tahun 2018 dan kedepannya maka kode NPWP suami dan NPWP istri adalah sama.


- formulir penggabungan npwp suami istri
Untuk formulir penggabungan NPWP suami istri, maka apabila istri yang telah memiliki NPWP sendiri akan menggabungkan NPWP nya dengan NPWP suami, maka prosedur perpajakan yang dapat ditempuh yaitu pengajuan permohonan penghapusan NPWP dengan alasan ingin menggabungkan NPWP dengan NPWP suami. syarat utama permohonan penggabungan NPWP suami istri ini adalah kepala keluarga yaitu suami wajib telah memiliki NPWP.


- cara menggabungkan npwp suami istri
Untuk cara menggabungkan NPWP Suami Istri ini seperti telah kami jelaskan di atas bahwa prosedur perpajakan yang dapat ditempuh yaitu istri mengajukan permohonan pernghapusan NPWP ke KPP atau KP2KP termpat terdaftar dengan alasan ingin menggabungkan NPWP dengan suami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar