Skip to main content

Cara dan Syarat Pindah Alamat NPWP Pribadi dan Badan

Cara dan Syarat Pindah Alamat NPWP Pribadi dan Badan
Cara dan Syarat Pindah Alamat NPWP Pribadi dan badan - Kali ini kami akan membahas mengenai pindah NPWP karena Wajib Pajak pindah alamat.

NPWP adalah singkatan Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakn dan digunakan oleh Wajib Pajak dalam pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya.

Setiap warga negara wajib untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP apabila tela memenuhi syarat subyektif dan objektif.

Terkait dengan Wajib Pajak yang berpindah alamat tempat tinggal, muncul pertanyaan mengenai apakah jika pindah alamat maka apakah npwp harus diganti?

Perpindahan tempat tinggal wajib pajak ini akan mengakibatkan alamat di NPWP menjadi berbeda dengan yang alamat wajib pajak saat ini.

Lalu apakah yang harus dilakukan oleh Wajib Pajak yang berpindah alamat ini terkait dengan NPWP nya?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan terkait perpindahan alamat Wajib Pajak ini terdiri dari 2 kondisi yang akan kami uraiakan di bawah ini.


Syarat Pindah Alamat NPWP Pribadi dan badan

Misalkan diketahui kondisi-kondisi sebagai berikut :

- Wajib Pajak A merupakan wajib pajak yang bertempat tinggal di wilayah kota mataram Nusa Tenggara Barat.

- Untuk wilayah kota Mataram administrasi perpajakannya dibawahi oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat.

- Untuk wilayah kelurahan Turida administrasi perpajakannya dibawahi oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat.

- Untuk wilayah kota praya merupakan wilayah yang urusan perpajakannya dibawahi oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Praya.

Perlu Anda ingat bahwa untuk wilayah kota Mataram dan Kelurahan Turida sama-sama dibawahi oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat.


Berikut ini adalah 2 kondisi yang menentukan apakah Anda harus pindah NPWP atau tidak.

Kondisi 1 (Anda tidak perlu mengajukan permohonan pindah NPWP)

Pada suatu waktu Wajib Pajak A pindah tempat tinggal dari kota Mataram ke kelurahan Turida.

Telah kita ketahui dari data di atas bahwa untuk wilayah kota mataram dan untuk wilayah kelurahan Turida merupakan wilayah yang sama-sama dibawahi administrasi perpajakannya oleh Kantor Pelayanan Pajak Mataram Barat.

Karena dua wilayah ini yaitu tempat tinggal yang lama dan tempat tinggal yang baru masih diurus oleh Kantor Pelayanan Pajak yang sama yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat, maka Wajib Pajak A tidak perlu untuk memindahkan NPWP nya.

Namun terkait dengan perubahan alamat Wajib Pajak A maka harus dilakukan perubahan data NPWP.

Wajib Pajak A dapat mengajukan permohonan perubahan data NPWP dengan cara datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat lalu mengisi formulir permohonan perubahan data alamat NPWP.


Kondisi 2 (Anda dapat mengajukan permohonan pindah NPWP)

Pada suatu waktu Wajib Pajak A pindah tempat tinggal dari kota Mataram ke kota Praya.

Telah kita ketahui bahwa wilayah kota Mataram dengan wilayah kota Praya dibawahi atau diurus oleh Kantor Pelayanan Pajak yang berbeda.

Karena tempat tinggal yang lama dengan tempat tinggal yang baru dari Wajib Pajak A diurus oleh Kantor Pelayanan Pajak yang berbeda, maka Wajib Pajak A dapat mengajukan permohonan Pindah NPWP.


Cara Pindah Alamat NPWP Pribadi dan badan

Selanjutnya, bagi Anda yang pindah alamat dan termasuk dalam kondisi 2 di atas (wajib pajak dapat mengajukan permohonan pindah NPWP) maka Anda dapat mengajukan permohonan pindah NPWP dengan cara sebagai berikut :

1. Datang ke Kantor Pelayanan Pajak yang mengurus wilayah tempat tinggal Anda yang lama.

2. Mengisi formulir permohonan pindah yang dapat Anda download melalui link berikut ini => Download Formulir Permohonan Pindah NPWP.

3. Melampirkan dokumen yang dapat dijadikan bukti bahwa Anda telah pindah ke alamat tempat tinggal yang baru. Contohnya Surat Keterangan Domisili atau Fotokopi KTP apabila KTP Anda telah mencantumkan alamat Anda yang baru.

4. Serahkan Formulir dan lampirannya ke loket penerimaan permohonan yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Anda yang lama.

5. Anda akan menerima Bukti Penerimaan Surat (BPS) atas permohonan pindah NPWP.

6. Permohonan pindah NPWP Anda akan diproses dalam jangka waktu 5 hari kerja.


Anda dapat mengecek perkembangan proses permohonan pindah NPWP Anda baik dengan bertanya langsung ke Kantor Pelayanan Pajak Anda yang lama atau Anda juga dapat menghubungi melalui sambungan telepon.

Bila Anda belum mengetahu nomor telepon Kantor Pelayanan Pajak Anda,  Anda dapat melihatnya pada artikel berikut ini => Alamat dan Nomor Telepon KPP dan KP2KP seluruh Indonesia.


Manfaat Mengajukan Pindah Alamat NPWP

Ada beberapa manfaat bila Anda mengajukan permohonan pindah NPWP. Manfat tersebut yaitu :

1. Apabila ada permsalahan pajak yang ingin Anda konsultasikan maka Kantor Pelayanan Pajak Anda yang baru akan lebih dekat dengan tempat tinggal Anda.

2. Apabila Anda perlu pendampingan teknis terkait perpajakan Anda maka Anda dapat datang ke Kantor Pelayanan Pajak Anda yang baru yang lebih dekat dari tempat tinggal Anda.

3. Apabila ada pemanggilan dari petugas pajak terkait permasalahan pajak Anda maka Anda dapat memenuhi panggilan tersebut dengan mudah karena alamat kantor pelayanan pajak Anda yang baru lebih dekat dengan tempat tinggal Anda.


Kesimpulan

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang digunakan dalam adminsitrasi perpajakan dan oleh Wajib Pajak digunakan sebagai identitas diri dalam melaksanakan kewajiban dan hak perpajakannya.

NPWP wajib untuk dimiliki oleh Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku.

Bagi Wajib Pajak yang pindah alamat tempat tinggal maka terdapat kondisi dimana Wajib Pajak tersebut hanya perlu untuk mengjukan perubahan data NPWP atau kondisi yang lain yaitu wajib pajak dapat mengajukan permohonan pindah NPWP.

Apabila tempat tinggal Anda yang lama dengan tempat tinggal Anda yang baru diurus oleh Kantor Pelayanan Pajak yang sama maka Anda hanya perlu untuk melakukan perubahan alamat NPWP saja.

Namun apabila tempat tinggal Anda yang lama dengan tempat tinggal Anda yang baru ternyata diurus oleh Kantor Pelayanan Pajak yang berbeda maka Anda dapat mengajukan permohonan pindah NPWP.

Cara atau langkah-langkah pengajuan permohonan pindah NPWP telah kami uraikan secara rinci pada pembahasan di atas.

Sekaian artikel mengenai Cara dan Syarat Pindah Alamat NPWP Pribadi dan badan ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Jangan lewatkan juga artikel pajak menarik lainnya di bawah ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar