Skip to main content

Cara Mengaktifkan NPWP Non Efektif

Syarat Pengaktifan NPWP Non Efektif
Cara Mengaktifkan NPWP Non Efektif - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara dan syarat pengaktifan NPWP Non Efektif.

Terkait dengan pengaktifan NPWP, maka akan berkaitan dengan Non Efektif NPWP. Pembahasan mengenai Non Efektif NPWP telah kami bahas pada artikel berikut : Cara dan Syarat Pengajukan Non Efektif NPWP.

Jika Anda ingin mengecek apakah NPWP Anda aktif atau tidak maka Anda dapat membaca cara mengeceknya pada artikel berikut : Inilah Cara Cek NPWP Pribadi dan Perusahaan Online Terbaru



Cara Mengaktifkan NPWP Non Efektif
   
Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif dapat dilakukan berdasarkan 2 cara yaitu :

1. Permohonan Wajib Pajak 

Anda sebagai Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan pengaktifan NPWP Anda dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak.

Pada saat ini datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) maka Anda perlu untuk memberitahukan kepada Petugas Pajak mengenai alasan mengapa Anda ingin mengaktifkan NPWP Anda.

Anda akan diarahkan oleh petugas pajak untuk melakukan pelaporan pajak yang belum Anda laporkan atau juga dengan melakukan pembayaran atas hutang pajak Anda untuk dapat mengaktifkan NPWP Anda.

Silahkan Anda download formulir permohonan pengaktifan NPWP melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini :



2. Secara jabatan 
        
Pengaktifan kembali Wajib Pajak Non Efektif secara jabatan dilakukan dalam hal terdapat data dan/atau informasi yang menunjukkan bahwa Wajib Pajak yang telah ditetapkan sebagai Wajib Pajak Non Efektif tidak lagi memenuhi kriteria sebagai Wajib Pajak Non Efektif.
        
Kantor Pelayanan Pajak melakukan penelitian administrasi perpajakan dalam rangka pengaktifan kembali Wajib Pajak Non Efektif untuk mengetahui kebenaran data dan/atau informasi.
            
Data dan/atau informasi tersebut antara lain :
                
1. Wajib Pajak menyampaikan SPT Masa atau SPT Tahunan;
                
2. Wajib Pajak melakukan pembayaran pajak;
                
3. Wajib Pajak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas;
               
4. Wajib Pajak mengajukan permohonan untuk diaktifkan kembali; atau
                
5. Wajib Pajak diketahui/ditemukan alamatnya.


KESIMPULAN

NPWP yang dalam status Non Efektif dapat dilakukan pengaktifan kembali.

Cara pengaktifan kembali NPWP dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan pengajuan langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan yang keduan yaitu secara jabatan.

Anda perlu untuk menyampaikan kepada petugas pajak mengenai alasan Anda ingin mengaktifkan NPWP Anda dan kemudian Anda akan diarahkan oleh petugas pajak mengenai langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk dapat mengaktifkan NPWP Anda.

Sekian artikel mengenai Cara Mengaktifkan NPWP Non Efektif ini, semoga dapat menjadi solusi masalah perpajakan Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar