Skip to main content

Dimanakah Tempat Membuat NPWP? Inilah Jawabannya


Dimanakah Tempat Membuat NPWP? - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pertanyaan dimakan tempat membuat NPWP?

Belakangan ini NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak menjadi hal yang sangat penting dan banyak diminta sebagai persyaratan dokumen ketika pengajuan pinjaman ke Bank ataupun ketika memproses perizinan.

Bahkan ketika akan membuka rekening di Bank kini kita akan dimintakan nomor NPWP.


Apa itu NPWP dan mengapa kita harus memiliki NPWP?

Dimanakah Tempat Membuat NPWP? Inilah Jawabannya

NPWP adalah nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakan dan oleh Wajib Pajak digunakan sebagai identitas diri dalam memenuhi kewajiban dan hak perpajakannya.

Lalu mengapa kita harus memiliki NPWP? jawabannya adalah karena setiap warga negara Indonesia yang telah berumur 18 tahun dan telah memiliki penghasilan wajib untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

NPWP erat kaitannya dengan kewajiban untuk membayar pajak pusat.

Pajak pusat yaitu mencakup dari jenis pajak penghasilan atau PPh, Pajak Pertambahan Nilai atau PPN, dan juga Pajak Bumi Bangunan Pertambangan, Perhutanan, perkebunan dan Sektor Lainnya atau P3L.


Kesalahan Persepsi Kewajiban Membuat NPWP

Banyak dari kita masyarakat Indonesia  yang masih mengira bahwa membuat NPWP ini hanyalah karena diwajibkan sebagai persyaratan peminjaman uang di Bank atau karena sebagai persyaratan perizinan usaha.

Sesungguhnya semua instansi pemerintah termasuk Bank mewajibkan persyaratan nomor NPWP dalam pelayanan publiknya karena untuk mendorong setiap warga negara Indonesia untuk membuat NPWP.

Berdasarkan aturan yang berlaku, setiap warga negara yang telah berumur 18 tahun dan telah memiliki penghasilan wajib untuk memiliki nomor NPWP.

Jadi mulai saat ini Anda seharusnya sudah memahami bahwa NPWP adalah sebuah keharusan dan bukanlah hanya sebuah syarat dalam mengurus pinjaman atau perizinan.


Tempat membuat NPWP

Tempat pengurusan pembuatan NPWP adalah di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang membawahi wilayah tempat tinggal Anda.

Saat ini di hampir semua wilayah telah ada kantor vertikal dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Jadi bagi Anda jangan khawatir untuk mencari KPP atau KP2KP yang dekat dari tempat tinggal Anda.

Semua persyaratan pendaftaran NPWP dan juga formulir yang harus diisi telah disediakan di KPP atau KP2KP.

Anda akan dibantu dalam mengisi dan juga atas pertanyaan-pertanyaan Anda akan dijawab oleh petugas pajak di KPP atau KP2KP.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda persiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam pembuatan NPWP ini. Silahkan Anda baca artikel persyaratan Membuat NPWP di bawah ini sesuai dengan jenis pendaftaran NPWP yang sesuai dengan kondisi Anda.

Apakah Anda seorang pengusaha, atau seorang istri yang ingin membuat NPWP sendiri terpisah dari suami, apakah anda seorang karyawan atau belum bekerja, ataukah Anda akan membuat NPWP Badan usaha misalkan CV, PT, Yayasan, Lembaga, Sekolah maupun Anda akan membuat NPWP Bendahara.


Baca Juga

- Formulir Pendaftaran NPWP Orang Pribadi dan Cara Mengisinya

- Formulir Pendaftaran NPWP Badan dan Cara Pengisiannya


Kesimpulan

Berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku, adalah kewajiban setiap warga negara yang telah berumur 18 tahun dan telah memiliki penghasilan untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Tempat membuat NPWP adalah di unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yaitu KPP dan juga di KP2KP.

Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen persyaratan pendaftaran NPWP yang telah kami sediakan artikelnya pada uraian diatas.

Sekian artikel mengenai Tempat Membuat NPWP ini, semoga dapat menjadi solusi pajak Anda.