Skip to main content

Inilah Proses Setelah Daftar NPWP Online

Inilah Proses Setelah Daftar NPWP Online
Proses Setelah Daftar NPWP Online - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses pendaftaran NPWP Online.

Namun sebelumnya perlu untuk Anda ketahui bahwa proses adalah langkah-langkah dalam melakukan sesuatu.

Untuk mendapatkan NPWP, sebelumnya Anda harus mendaftar melalui situs ereg pajak yang merupakan layanan pendaftaran NPWP secara online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.


Apa itu NPWP?

NPWP adalah nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakan yang digunakan oleh Wajib Pajak sebaai identitas diri dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakannya.

Sedangkan Kartu NPWP merupakan kartu yang berisikan nomor NPWP dan identitas Wajib Pajak lainnya.


Apa itu NPWP Online?

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai institusi pemerintahan yang bertugas untuk menangani administrasi perpajakan menyediakan layanan pendaftaran NPWP baik secara Online maupun secara manual atau offline.

Pendaftaran NPWP Online dilakukan melalui situs https://ereg.pajak.go.id/login dan setelah mengikuti proses pendaftaran maka Wajib Pajak akan mendapatkan nomor NPWP.


Proses Setelah Daftar NPWP Online

Perlu untuk Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan NPWP melalui pendaftaran NPWP secara online, maka terdapat proses atau langkah-langkah yang harus Anda selesaikan sampai dengan mendapatkan kartu NPWP.

Lalu apa saja proses yang harus dilakukan dalam pendafataran NPWP secara Online ini?

Berikut akan kami uraikan langkah-langkah daftar NPWP Online :

1. Pertama Anda harus mengunjungi situs pendaftaran NPWP Online https://ereg.pajak.go.id/login

2. Kemudian silahkan Anda ikuti petunjuk pengisian data diri yang disediakan pada aplikasi NPWP Online.

3. Melakukan upload atau unggah dokumen kelengkapan yang diminta.

4. Mengirimkan atau mengantarkan langsung berkas fisik kelengkapan dokumen pendaftaran NPWP ke kantor pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang membawahi wilayah tempat tinggal Anda.

5. Setelah berkas fisik kelengkapan dokumen pendaftaran NPWP telah diterima oleh petugas pajak, maka selanjutnya petugas pajak akan mengecek kelegkapan dokumen tersebut.

6. Apabila berkas kelengkapan dokumen pendaftaran NPWP telah lengkap, maka petugas pajak akan menyetujui proses pendaftaran NPWP Online Anda dan kemudian menerbitkan Nomor NPWP dan mencetak Kartu NPWP serta Surat Keterangan Terdaftar.

7. Petugas pajak akan segera mengirimkan Kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar ke alamat tempat tinggal atau rumah Anda sesuai dengan alamat yang telah Anda isikan pada saat pendaftaran NPWP Online di situs eregistration pajak.

8. Proses pendaftaran NPWP Online selesai.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat jangka waktu bagi Anda untuk mengrimkan atau menyampaikan secara langsung kelengkapan fisik dokumen pendaftaran NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak.

Jangka waktu tersebut yaitu 14 hari. Apabila Anda tidak menyampaikan berkas fisik kelengkapana pendaftaran NPWP Online tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan maka pendaftaran NPWP Online Anda akan ditolak.

Apabila pendaftaran NPWP Online Anda ditolak, maka Anda masih bisa mengajukan pendaftaran NPWP Online kembali.


Kesimpulan

Pendaftaran NPWP Online adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) selain pendaftaran NPWP secara offline atau manual.

Proses pendaftaran NPWP Online terdiri dari beberapa langkah-langkah seperti yang telah kami uraikan di atas dari membuka situs eregistration pajak sampai dengan NPWP dikirimkan ke alamat tempat tinggal atau rumah Anda.

Khusus untuk proses setelah selesai melakukan pendaftaran NPWP Online di situs eregistration pajak, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus segera mengirimakan atau menyampaikan langsung berkas fisik pendaftaran NPWP yang diminta ke alamat Kantor Pelayanan Pajak yang membawahi wilayah tempat tinggal Anda.

Setelah berkas fisik kelengkapan dokumen diterima lengkap oleh petugas pajak, maka nomor NPWP dan kartu NPWP serta Surat Keterangan Terdaftar akan segera diterbitkan dan dikirimkan ke alamat tempat tinggal atau rumah Anda sesuai dengan alamat tempat tinggal yang telah anda isikan di aplikasi ereg pajak.

Sekian artikel mengenai Proses Setelah Daftar NPWP Online ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar