Skip to main content

Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja? Begini Cara Mengurusnya


Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja? Begini Cara Mengurusnya - Bagi Anda yang telah memiliki NPWP namun Anda belum bekerja mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimanakah kewajiban pajak saya? Jawabannya akan saya uraikan pada artikel in

Yang perlu Anda ketahui Adalah bahwa setiap Warga Negara Indonesia wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP apabila telah memenuhi syarat subjektif dan objektif berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku.

Namun bagaimana bila Anda memiliki NPWP namun tidak bekerja? maka silahkan Anda melanjutkan membaca artikel ini.

Perlu untuk diketahui bahwa pengertian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.
     
Sedangkan Pengertian Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak adalah kartu yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang berisikan Nomor Pokok Wajib Pajak dan identitas lainnya.

Namun terdapat pengecualian dari kewajiban mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP ini, sebagai contoh seperti Anak yang sudah berpenghasilan namun belum berumur 18 tahun dapat menggunakan NPWP orang tuanya, atau contoh lainnya yaitu orang yang belum memiliki penghasilan ataupun sudah memiliki penghasilan namun besaran penghasilan per bulannya masih dibawah penghasilan tidak kena pajak maka diperbolehkan untuk tidak mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Cara Hitung Pajak Pemilik NPWP Namun Tidak Bekerja

Namun dalam kasus tertentu ketika seseorang ingin melamar pekerjaan, ia disyaratkan untuk melampirkan kartu NPWP juga dan seseorang tersebut kemudian mengajukan permohonan pendaftaran NPWP di Kantor Pelayanan Pajak namun kemudian tidak atau belum diterima bekerja dalam waktu yang relatif lama sejak membuat NPWP tersebut.

Bagaimana kemudian terkait kewajiban pajak seseorang yang belum bekerja tersebut? apakah ada solusi yang jelas atas kepemilikan NPWP oleh seseorang yang belum bekerja tersebut?


Kewajiban Pajak Bagi Orang Yang Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja

Kewajiban Pajak bagi orang pribadi pada dasarnya adalah membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan.

Namun apabila seseorang dalam kondisi belum bekerja atau belum memperoleh penghasilan maka kewajibannya hanya menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahun Pajak Penghasilanya (SPT Tahunan PPh).

Kewajiban penyampaian SPT Tahunan bagi orang pribadi jangka waktunya adalah akhir bulan Maret setiap tahunnya.

Maka bagi yang belum bekerja namun telah memiliki NPWP maka apabila ia mendaftarkan diri pada tahun sebelumnya misalkan ia mendaftarkan diri dan memperoleh NPWP pada bulan januari sampai desember tahun 2017, dan sekarang telah masuk tahun 2018 maka seseorang tersebut wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh nya untuk tahun pajak 2017.

Langkah selanjutnya setelah menyampaikan SPT Tahunan adalah sebagai solusi seseorang tersebut dapat mengajukan permohonan Non Efektif NPWP nya.

Apabila permohonan Non Efektif NPWP ini telah disetujui maka untuk selanjutnya tidak ada kewajiban pajak yang harus dilaksanakan oleh seseorang tersebut.

Untuk cara pengajuan permohonan non efektif ke kantor pelayanan pajak saya uraikan sebagai berikut.

Sekian artikel mengenai Memiliki NPWP Namun Tidak Bekerja ini. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel dibawah ini :