Skip to main content

Solusi NPWP Hilang atau Rusak


Solusi NPWP Hilang atau Rusak - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai cara atau solusi NPWP hilang atau Rusak.

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang digunakan sebagai administrasi dalam perpajakan dan digunakan oleh wajib pajak sebagai saran dalam pemenuhan kewajiban dan hak perpajakannya.

Sedangkan kartu NPWP adalah kartu yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang berisikan identitas Wajib Pajak dan informasi lainnya.

Apabila seseorang kehilangan kartu NPWP atau kartu NPWP masih ada namun rusak, ada solusi yang cukup mudah untuk dilakukan.

Solusi NPWP Hilang atau Rusak

FUNGSI KARTU NPWP

Saat ini NPWP telah menjadi nomor yang terus diintegrasikan dengan pelayanan publik lainnya seperti misalnya nomor NPWP menjadi syarat perizinan, pinjaman Bank, pengajuan menjadi calon anggota DPRD, DPD, DPR, dan kepala daerah dan masih banyak lagi pelayanan publik lainnya yang mengharuskan kepemilikan nomor NPWP.

Namun perlu Anda ketahui bahwa fungsi utama NPWP adalah untuk sarana pembayaran pajak pusat seperti PPN dan PPnBM, PPh dan PBB P3L.

Apabila Anda tidak memiliki Nomor NPWP atau Kartu NPWP Anda hilang atau rusak maka akan menghambat keperluan Anda yang mengharuskan adanya nomor NPWP tersebut.

Jadi sebaiknya apabila kartu NPWP Anda hilang atau rusak sebaiknya Anda segera mengurusnya.


Cara Mengatasi NPWP Hilang atau Rusak

Kartu NPWP yang hilang atau rusak dapat Anda mohonkan untuk dicetak kembali di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.

Kelengkapan persyaratan dokumen untuk permohonan cetak ulang NPWP di KPP atau KP2KP yang harus anda lengkapi ketika akan menyampaikan permohonan pencetakan ulang kartu NPWP yaitu :

1. Fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya (misalkan kartu SIM)

2. Mengisi Formulir Permohonan Cetak Ulang Kartu NPWP


Anda tinggal membawa kelengkapan tersebut di atas pada saat ke kantor pajak agar tidak ada kekurangan kelengkapan dokumen persyaratan cetak ulang kartu NPWP sehingga urusan Anda cepat selesai.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa permohonan cetak ulang kartu NPWP di kantor pajak tidak dipungut biaya alias GRATIS.

Untuk Formulir Permohonan Cetak Ulang Kartu NPWP dapat Anda dapatkan langsung di Kantor Pajak dan untuk cara pengisiannya Anda dapat bertanya kepada petugas pajak yang sedang bertugas.


KESIMPULAN

NPWP merupakan hal yang penting karena selain merupakan kewajiban setiap warga negara yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif untuk memilikinya, namun saat ini nomor NPWP telah digunakan sebagai persyaratan dari banyak pelayanan publik seperti perizinan ataupun sebagai syarat pinjaman uang ke bank.

Kartu NPWP yang hilang atau rusak dapat dimohonkan untuk di cetak ulang di kantor pajak terdekat dari kediaman Anda dan tanpa biaya.

Syarat dokumen permohonan cetak ulang NPWP adalah fotokopi KTP atau identitas lainnya dan mengisi formulir permohonan cetak ulang kartu NPWP yang telah disediakan di kantor pajak.

Sekian artikel mengenai Solusi NPWP Hilang atau Rusak ini, semoga dapat menjadi solusi pajak Anda.