Skip to main content

Apa itu NPWP Pusat?


Apa itu NPWP Pusat?
Apa itu NPWP Pusat? Bagi anda yang memiliki Usaha baik orang pribadi maupun badan usaha maka istilah NPWP Pusat mungkin sudah Anda pernah dengar atau tahu sebelumnya.

NPWP Pusat adalah NPWP Induk yang digunakan dalam administrasi perpajakan. Hal ini perlu untuk tertib administrasi perpajakan bagi wajib pajak dan untuk kemudahan pengawasan perpajakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Sebagai ilustrasi, apabila Anda memiliki Badan Usaha misalkan PT A yang NPWP Pusatnya berlokasi di Jakarta, maka ketika Anda akan membuka cabang di daerah jawa tengah atau jawa timur ataupun di wilayah jakarta juga, maka Anda diwajibkan untuk mendaftarkan NPWP untuk setiap cabang yang Anda buka.

Misalkan NPWP Pusat Anda di Jakarta yaitu 71.222.333.1-911.000 , maka kode NPWP cabang Badan Usaha Anda yang berlokasi di wilayah Kantor Pelayanan Pajak yang sama adalah 71.222.333.1-911.001 dan NPWP untuk cabang kedua yang Anda akan buka dalam wilayah Kantor Pelayanan Pajak yang sama adalah 71.222.333.1-911.002 dan seterusnya.

Sedangkan Apabila selain di lokasi NPWP Pusat Anda membuka Cabang Usaha di wilayah administrasi KPP (Kantor Pelayanan Pajak) yang berbeda dari wilayah Badan Usaha Induk Anda, maka Anda harus mendaftarkan NPWP cabang Anda tersebut pada Kantor Pelayanan Pajak yang membawahi wilayah di lokasi cabang Anda tersebut. Struktur nomor NPWP yang akan diberikan oleh KPP di cabang baru Anda tersebut yaitu 71.222.333.1-433.001. 

Terlihat bahwa pada struktur nomor NPWP Pusat usaha akan berubah pada digit ke 10 sampai 12. yang merupakan kode KPP tempat terdaftar. Struktur Penomoran NPWP adalah seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Apa itu NPWP Pusat?
Gambar 2. Struktur Nomor NPWP

Semoga dengan penjelasan di atas dapat membuat Anda mengerti NPWP Pusat. Sekian. Baca juga artikel dibawah ini.