Skip to main content

Berapa Lama NPWP Online Disetujui? Inilah Jawabannya


Berapa Lama NPWP Online Disetujui? Inilah Jawabannya
Kami akan membahas mengenai berapa lama NPWP Online disetujui. NPWP Online merupakan salah satu cara untuk mengajukan permohonan pendaftaran NPWP.

Selain cara daftar NPWP Online, Anda juga dapat mengajukan permohonan pendaftaran NPWP secara offline atau manual ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang membawahi wilayah tempat tinggal Anda.

APA ITU NPWP?

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah Nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakan dan digunakan sebagai identitas diri dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan. NPWP saat ini sudah cukup banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

KEWAJIBAN MEMBUAT NPWP

Setiap Warga Negara Indonesia yang telah berumur 18 tahun dan telah memiliki penghasilan wajib untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Kemudian apakah bagi yang telah berumur 18 tahun namun belum memiliki NPWP karena masih kuliah atau belum bekerja harus membuat NPWP?

Jawabannya adalah tidak. Kewajiban mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP ditiadakan bagi orang yang penghasilannya masih di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Lalu mengapa orang yang telah memiliki penghasilan harus membuat NPWP? 

Jawabannya yaitu untuk dapat membayarkan pajak yang terutang atas penghasilan yang diperoleh harus terlebih dahulu membuat NPWP. Tanpa adanya nomor NPWP maka seseorang tidak dapat membayarkan pajak penghasilannya.

FUNGSI NPWP

NPWP memiliki banyak fungsi, antara lain yaitu :
  1. Sebagai identitas diri dalam administrasi perpajakan
  2. Kewajiban untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban di bidang perpajakan
  3. Sebagai syarat pinjaman Bank
  4. Sebagai syarat perizinan usaha
  5. Sebagai syarat melamar pekerjaan
  6. Kedepannya kartu NPWP dapat digunakan sebagai kartu ATM.

PENDAFTARAN NPWP SECARA ONLINE

Pendaftaran NPWP dapat dilakukan secara online maupun offline atau manual.

Dalam hal pendaftaran NPWP dilakukan secara online, maka proses yang harus Anda tempuh pada umumnya adalah sebagai berikut :
  1. Mengisi form pendaftaran NPWP Online di situs https://ereg.pajak.go.id/login
  2. Mengupload scan berkas yang disyaratkan dalam aplikasi pendaftaran NPWP Online.
  3. Mengantar atau mengirimkan berkas pendaftaran ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari tempat tinggal Anda yang membawahi wilayah tempat tinggal Anda.
  4. Selesai

BERAPA LAMA NPWP ONLINE DISETUJUI?

Kemudian muncul banyak pertanyaan mengenai berapa lama NPWP Online disetujui? 

Berdasarkan aturan, maka setelah Anda melakukan pendaftaran NPWP Online melalui situs https://ereg.pajak.go.id/login, selanjutnya Anda memiliki waktu 14 hari untuk mengantar atau mengirimkan berkas fisik pendafataran NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang membawahi wilayah tempat tinggal Anda.

Apabila Anda telah mengirimkan berkas fisik pendaftaran NPWP ke KPP, maka petugas pajak akan segera memproses persetujuan permohonan pendaftaran NPWP Online Anda selama 1 hari kerja.

Setelah permohonan pendaftaran NPWP Anda selesai diproses maka kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Anda akan dikirimkan melalui POS ke alamat yang Anda gunakan pada saat mengisi formulir pendaftaran NPWP Online.

Kemudian banyak yang bertanya mengenai berapa lama kartu NPWP akan sampai ke rumah setelah melakukan pendaftaran NPWP Online? 

Jawabannya adalah apabila Anda segera mengantar langsung atau mengirimkan berkas fisik pendaftaran NPWP Online Anda ke Kantor Pelayanan Pajak, maka NPWP akan segera diproses selama 1 hari kerja dan kemudian petugas pajak langsung mengirimkan kartu NPWP Anda melalui POS.  Maka selanjutnya tergantung apakah POS Indonesia waktu pengiriman ke rumah Anda dapat dilakukan dengan cepat atau lambat tergantung dari prosedur yang dimiliki oleh PT POS Indonesia.

KESIMPULAN

Pendafataran NPWP Online dapat dilakukan melalui situs https://ereg.pajak.go.id/login.  Pendafataran NPWP dapat dilakukan secara Online maupun secara Offline atau manual.

Berapa lama NPWP Online disetujui? Jawabannya adalah NPWP Online disetujui setelah Anda selesai mengisi form pendaftaran NPWP Online dan kemudian telah mengantarkan secara langsung atau melalui jasa pengiriman berkas fisik pendaftaran NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak.

Lalu petugas pajak akan memproses permohonan NPWP Online Anda dalam jangka waktu 1 hari kerja.

Kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar akan dikirimkan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) melalui POS ke alamat tempat tinggal yang Anda gunakan pada saat mengisi form pendaftaran NPWP Online.

Sekian artikel mengenai Berapa Lama NPWP Online Disetujui ini, semoga dapat menjadi solusi permasalahan pajak Anda.