Skip to main content

Cara dan Syarat Membuat NPWP Pribadi Pengusaha


Cara dan Syarat  Membuat NPWP Pribadi Pengusaha. Bagi Anda Orang Pribadi yang ingin membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk digunakan sebagai persyaratan usaha atau perizinan lainnya maka berikut ini akan kami uraikan syarat kelengkapan dokumen permohonan pendaftaran NPWP khususnya untuk pengusaha.

Anda perlu untuk mengetahui bahwa tempat pembuatan NPWP adalah di Kantor Pelayanan Pajak yang disingkat menjadi KPP yang merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak.
        
Selain ke KPP, Anda juga dapat mengajukan permohonan pendaftaran NPWP Usaha ke Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan yang disingkat menjadi KP2KP yang merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala KPP Pratama.
        
Sedangkan NPWP yang akan Anda buat memiliki pengertian yaitu nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Cara dan Syarat  Membuat NPWP Pribadi Pengusaha
        
Setelah Anda menyerahkan dokumen permohonan di loket pelayanan KPP atau KP2KP, Anda akan diberikan Bukti Penerimaan Surat adalah bukti yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk menyatakan bahwa permohonan dari Wajib Pajak yang terkait dengan Nomor Pokok Wajib Pajak dan Pengusaha Kena Pajak telah diterima secara lengkap.

Setelah permohonan Pendaftaran NPWP Anda diterima dan telah selesai diproses, maka selanjutnya Anda akan diberikan Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan kartu yang diterbitkan oleh KPP atau KP2KP yang berisikan Nomor Pokok Wajib Pajak dan identitas lainnya.
                
     

Dokumen yang disyaratkan sebagai kelengkapan permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pengusaha

Untuk Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, yaitu:
           

1. Bagi Pengusaha WNI (Warga Negara Indonesia)

               a.  fotokopi KTP; dan

               b.  dokumen berupa:
                  1)  surat pernyataan bermeterai dari Wajib Pajak yang menyatakan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas tersebut dilakukan; atau

                  2)  keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menyatakan bahwa Wajib Pajak merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online;
               atau

           

2. Bagi Pengusaha WNA (Bagi Warga Negara Asing)

               a)  fotokopi paspor;

               b)  fotokopi KITAS atau KITAP; dan

               c)  dokumen berupa:
                  1)  surat pernyataan bermeterai dari Wajib Pajak yang menyatakan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas tersebut dilakukan; atau

                  2)  keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menyatakan bahwa Wajib Pajak merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online.
        

Formulir Pendaftaran NPWP Pribadi Pengusaha

Formulir pendaftaran NPWP, surat pemyataan bermeterai dari Wajib Pajak yang menyatakan melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dilakukan, dan melakukan kegiatan dan tempat atau lokasi kegiatan dilakukan adalah seperti di bawah ini :

1. Formulir pendaftaran NPWP Pribadi Pengusaha

2. surat pemyataan bermeterai yang menyatakan melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan tempat atau lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dilakukan

3. surat pemyataan bermeterai yang menyatakan melakukan kegiatan dan tempat atau lokasi kegiatan dilakukan

Sekian Artikel mengenai cara dan Syarat Membuat NPWP Pribadi Pengusaha ini. semoga dapat menjadi solusi masalah perpajakan Anda.