Skip to main content

Cara Membuat NPWP Pribadi Secara Manual


Cara Membuat NPWP Pribadi Secara Manual
Bagaimana cara membuat NPWP pribadi secara manual ke Kantor Pelayanan Pajak? banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengenai hal ini khususnya bagi orang yang akan membuat NPWP.

Banyak alasan seseorang untuk membuat NPWP Pribadi. Misalkan seseorang yang akan memulai usaha dan ingin meminjam modal, maka ia akan diminta untuk melengkapi kelengkapan dokumen berupa NPWP.

NPWP bisa disebut sebagai suatu keharusan untuk dimiliki bagi orang pribadi yang telah memiliki penghasilan baik dari gaji, usaha maupun pekerjaan bebas.


Apa itu NPWP

Apabila anda belum mengetahu apa itu NPWP, maka kami akan menjelaskannya. NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak.

NPWP adalah sebuah nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakan dan digunakan oleh wajib pajak sebagai tanda pengenal dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

NPWP diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai institusi yang mengurus administrasi perpajakan di Indonesia.

Mengapa Orang Pribadi Harus Membuat NPWP

Di dalam aturan perpajakan yang berlaku, setiap orang pribadi yang telah memiliki penghasilan dan telah berumur 17 tahun wajib untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Membuat NPWP bagi orang pribadi adalah Wajib misalkan ia telah memperoleh penghasilan berupa gaji diatas penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Namun bagi pribadi uang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas seperti berjualan atau menjadi  dokter, pengacara, notaris dan lainnya.

Jadi bagi orang pribadi yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif untuk memiliki NPWP amaka harus segera mengurus pendaftaran NPWP nya.

Apa Konsekuensi Bila Tidak Membuat NPWP

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai apakah konsekuensi bila orang pribadi tidak membuat NPWP?. Bila memang orang pribadi tersebut belum memenuhi syarat subjektif dan objektif maka ia tidak perlu untuk membuat NPWP.

Berbeda halnya bila orang pribadi tersebut telah memenuhi syarat subjektif dan objektif maka ia harus segera mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Lalua apabila orang pribadi yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif tersebut tidak membuat NPWP maka apakah sanksinya?.

Sanksinya adalah ia akan dapat diperiksa oleh Direktorat Jenderal Pajak dan akan dihitung penghasilannya sejak maksimal 5 tahun ke belakang dan juga akan dikenakan sanksi sebesar 2% per bulan atas pajak penghasilan yang tidak dibayarkan.

Apa Fungsi dan Manfaat NPWP

Apabila orang pribadi telah memiliki NPWP, maka ia akan mendapatkan beberapa kemudahan dan manfaat. Kemudahan dan manfaat tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:

  1. Mudah dalam mengajukan pinjaman karena NPWP merupakan salah satu syarat yang harus dilengkapi;
  2. Tarif pajak pribadi yang dikenakan akan lebih kecil bila dibandingkan belum memiliki NPWP;
  3. NPWP pribadi adalah syarat dalam mengajukan permohonan izin usaha;
  4. NPWP berfungsi sebagai tanda pengenal bagi wajib pajak orang pribadi tersebut dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya;
  5. Kedepannya NPWP akan dapat berfungsi sebagai ATM.

Apa itu NPWP Pribadi

Bila pada uraian di atas anda telah membaca mengenai istilah NPWP Pribadi, maka untuk lebih mengenal tentang NPWP ini terdiri dari 2 jenis yaitu NPWP Pribadi dan juga NPWP Badan.

Selain itu ada juga istilah NPWP Pusat dan NPWP cabang. Kami akan menjelaskan mengenai istilah istilah ini pada artikel selanjutnya.

Khusus untuk NPWP Pribadi memiliki pengertian yaitu nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakan dan digunakan oleh wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Dimanakah Tempat Membuat NPWP

Bagi Anda orang pribadi yang akan membuat NPWP, maka anda dapat mengurus pembuatan NPWP ini di unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang ada di wilayah anda.

Unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak tempat membuat NPWP yaitu Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) dan juga Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Bagaimana Cara Membuat NPWP Pribadi

Cara membuat NPWP Pribadi terdiri dari dua cara yaitu secara offline atau manual dan secara online.

Untuk cara membuat NPWP pribadi secara online akan kami bahas pada artikel lainnya. 

Sedangkan untuk cara membuat NPWP pribadi secara manual akan kami berikan pada pembahasan di bawah ini.

Apa Saja Syarat Membuat NPWP Pribadi

Syarat membuat NPWP Pribadi berbeda-beda sesuai dengan bidang pekerjaan atau sumber penghasilan orang pribadi tersebut.

Contohnya yaitu orang pribadi yang bekerja sebagai karyawan, orang pribadi belum bekerja atau juga orang pribadi yang memiliki usaha.

Sejak tahun 2018, proses membuat NPWP untuk orang pribadi sudah dipermudah yaitu sebagai berikut:

1. Untuk orang pribadi karyawan
  • Fotokopi NPWP:
  • Mengisi formulir pendaftaran NPWP Pribadi.
2. Untuk orang pribadi belum bekerja
  • Fotokopi KTP:
  • Mengisi formulir pendaftaran NPWP.
3. Untuk orang pribadi pengusaha
  • Fotokopi KTP:
  • Mengisi formulir pendaftaran NPWP:
  • Mengisi surat pernyataan Jenis dan Lokasi usaha.
Apabila Anda ada kesulitan dalam mengisi formulir pendaftaran NPWP, maka anda dapat bertanya ke petugas pajak yang sedang bertugas.

Kesimpulan

Itulah cara membuat NPWP pribadi secara manual ke Kantor Pelayanan Pajak. Agar anda tidak kekurangan persyaratan dokumen saat mengajukan permohonan NPWP maka sebaiknya anda lengkapi dulu dokumen yang diperlukan ya. Semoga bermanfaat.