Skip to main content

Cara Update Efaktur Versi 2.2 Terbaru


Cara Update Efaktur Versi 2.2 Terbaru
Bagaimana cara update efaktur versi 2.2? DJP menerbitkan versi baru dari aplikasi efaktur yaitu update efaktur versi 2.2. Seperti pada update aplikasi efaktur sebelum-sebelumnya, maka untuk fitur update otomatis pada aplikasi efaktur biasanya mengalami error atau gagal update otomatis.

Pada tanggal 2 Februrari 2019 update efaktur versi 2.2 secara resmi diluncurkan oleh DJP. Dengan adanya update efaktur ini maka mau tidak mau anda sebagai pengguna efaktur harus melakukan update aplikasi efaktur yang ada di laptop atau PC anda.

Namun bagi anda yang ingin mencoba update efaktur ke versi 2.2 secara otomatis melalui aplikasi efaktur, maka kebanyakan akan menemui error etax 40006 Error URL Format Salah. 

Maka dengan itu tentu anda mau tidak mau harus mengupdate efaktur ke versi 2.2. secara manual.

Bagi Anda yang akan mengupdate efaktur ke versi 2.2 namun belum mendownload aplikasi efaktur versi 2.2, anda dapat mendownloadnya melalui link di bawah ini.

Download Efaktur Versi 2.2


Cara Update Efaktur Versi 2.2

Bagi anda yang pernah ada pengalaman update efaktur di versi 2.0 ke 2.1, maka sebenarnya langkah-langkah update ke efaktur dari versi 2.1 ke versi 2.2. adalah sama saja.

Berikut akan kami berikan langkah-langkah update efaktur versi 2.2.
  1. Back up database aplikasi efaktur anda terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengcopy folder DB ke drive atau tempat penyimpanan lainnya di pc atau laptop atau flashdisk anda. Back up database ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila proses update aplikasi efaktur ke versi 2.2 mengalami corrupt.
  2. Download aplikasi efaktur versi 2.2. Jangan lupa untuk memilih aplikasi efaktur versi 2.2 yang cocok atau sesuai dengan sistem operasi atau OS laptop atau PC anda.  Anda dapat mendownload aplikasi efaktur versi 2.2 melalui situs resmi efaktur.pajak.go.id.
  3. Setelah anda selesai mendownload file aplikasi efaktur versi 2.2, selanjutnya silahkan Anda ekstrak file tersebut. Caranya klik kanan pada file kemudian pilih Extract Here
  4. Selanjutnya akan terbentuk folder efaktur versi 2.2 yang baru saja anda ekstrak. Silahkan anda ubah nama folder efaktur versi 2.2 tersebut sesuai keinginan Anda dan bedakan dengan nama folder efaktur 2.1 yang sebelumnya.
  5. Selanjutnya copy folder DB yang telah anda copy pada langkah pertama di atas dan pastekan ke dalam folder efaktur versi 2.2. 
  6. Pada folder DB yang telah anda pastekan di dalam folder efaktur versi 2.2, silahkan anda jalankan file ETaxInvoiceUpd.exe. Program kemudian menjalankan proses update.
  7. Setelah proses update aplikasi efaktur ke versi 2.2 selesai, selanjutnya silahkan anda rename atau ganti nama file ETaxInvoiceUpd.exe pada langkah nomor 6 menjadi ETaxInvoiceUpd_old.exe.
  8. Langkah terakhir untuk update aplikasi efaktur versi 2.2. ini yaitu dengan menjalankan aplikasi efaktur versi 2.2 dengan mengklik dua kali file EtaxInvoice.exe.
Apabila anda menjalankan langkah atau cara update efaktur versi 2.2 di atas dengan benar, maka insyaAllah aplikasi efaktur anda akan berhasil diupdate ke versi 2.2 yang terbaru. Selamat mencoba.