Skip to main content

Solusi Error Status Code 0 Efiling SPT Tahunan Pajak


Solusi Error Status Code 0 Efiling Pajak
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai error efiling status code 0. Seperti kita ketahui bersama bahwa 31 maret setiap tahunnya merupakan batas akhir pelaporan spt tahunan untuk orang pribadi. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya maka biasanya pada saat-saat terkahir penyampaian SPT Tahunan ini jumlah pelapor SPT Tahunan akan sangat ramai.

Kondisi pelaporan SPT Tahunan secara manual yang membludak di kantor pajak ini pun disiasati dengan adanya pelaporan SPT Tahunan secara online atau efiling melalui DJP Online namun ternyata masih saja terjadi error status code pada pelaksanaannya.


Namun dalam pelaksanaanya, sistem efiling DJP online terkadang mengalami error dan salah satunya adalah error status code 0. Error yang terjadi pada sistem efiling ini bisa terjadi karena kesalahan sistem atau bisa juga terjadi karena kesalahan cara pengisisan SPT Tahunan online.

Error status code 0 terjadi karena adanya kesalahan sistem efiling. Dimana ketika kita sudah selesai mengisi isian efiling SPT Tahunan namun kemudian ketika akan menyelesaikan pengisian kemudian muncul notifikasi error status code 0.

Setelah dicoba untuk diisi secara berulang pun ternyata error status code 0 ini tetap saja muncul. Lalu apa sih  penyebab efiling error status code 0 ini? berikut akan kami berikan jawabannya.

Penyebab Efiling Error Status Code 0

Dari pengalaman pribadi dan juga hasil dari diskusi dengan petugas pajak maka penyebab error status code 0 ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  1. Nomor NIK anggota keluarga pada halaman daftar keluarga tidak diisi;
  2. Daftar harta tidak diisi;
  3. Daftar harta telah diisi tapi nilai dan keterangannya 0 dan masih kosong;
  4. Terdapat data isian yang masih kosong namun wajib terisi misalkan data nama pemotong pajak. Contohnya ketika nomor NPWP telah diisi namun nama Wajib Pajak pemotong tidak keluar padahal seharusnya bisa keluar otomatis dan ketika dilanjutkan pengisian maka pada akhirnya akan memunculkan error status code 0.

Solusi Efiling Error Status Code 0

Tentu sangat melelahkan dan menjengkelkan bila kita telah mengisi dengan lengkap semua isian efiling SPT Tahunan namun kemudian pada saat akan selesai kemudian muncul error status code 0 sehingga membuat kita harus mengulang kembali semua isian efiling.

Solusi dari efiling error status code 0 ini adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum anda mengisi ulang isian SPT Tahunan online efiling di DJP Online (setelah error status code 0 terjadi), bersihkan terlebih dahulu riwayat atau cache penelusuran Anda;
  2. Untuk menghindari error status code 0 kembali, maka anda harus mengisi data secara lengkap khususnya pada bagian bukti potong (bila karyawan yang mendapatkan bukti potong) dan juga pada data isian daftar keluarga dan daftar harta;
  3. Jika masih saja terjadi efiling error status code 0 walaupun anda sudah melakukan hal di nomor 1 dan 2 di atas, maka solusi selanjutnya adalah silahkan anda coba gunakan mode penelusuran rahasia atau incognito. Jika anda menggunakan chrome ataupun mozilla firefox maka menu penelusuran rahasia atau incognito dapat Anda gunakan melalui menu pengaturan yang ada pada sisi kanan atas halaman chrome atau mozilla di laptop atau pc anda kemudian mulai ulang login ke djp online dan isi data anda sampai selesai.

Dengan mengikuti cara dan langkah-langkah mengatasi efiling error status code 0 di atas semoga akan membuat pelaporan SPT Tahunan online di situs DJP online dapat selesai dan berhasil sampai dengan mendapatkan Bukti Penerimaan Surat Elektronik sebagai bukti anda telah menyampaikan SPT Tahunan. Semoga berhasil.